Algoritma adalah kumpulan instruksi/perintah/langkah/ yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara sistematis, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah/persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer.(Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khowarizmi)
Cara penulisan Algoritma
1. Structured English (SE)
SE merupakan alat yang cukup baik untuk menggambarkan suatu algoritma. Dasar dari SE adalah Bahasa Inggris, namun kita dapat memodifikasi dengan Bahasa Indonesia sehingga kita boleh menyebutnya sebagai Structured Indonesian (SI).
2. Pseuodocode
Berarti imitasi atau tiruan atau menyerupai, sedangkan code menunjukkan pada kode program. Sehingga pseudocode adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program sebenarnya.
Contoh algoritma menghitung luas segitiga:
1. Strart
2. Input alas, tinggi
3. Luas = 0.5*alas*tinggi
4. Output Luas
5. End
3. Flowchart
Merupakan skema/ bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika.
Program flowchart
Struktur Algoritma:
Ada tiga strukrur dasar yang digunakan dalam membuat algoritma yaitu:
1. Struktur Berurutan (sequencing).
2. Struktur pemilihan/keputusan/ percabangan (branching).
3. Struktur pengulangan (looping).
1. Struktur Algoritma Berurutan.
Struktur berurutan dapat kita samakan dengan mobil yang sedang berjalan pada jalur lurus yang tidak terdapat persimpangan.
2. Struktur Algoritma Percabangan.
Sebuah program tidak selamanya akan berjalan dengan mengikuti struktur berurutan, kadang – kadang kita perlu merubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat ke baris tertentu.
Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan/ pemilihan atau keputusan.
3. Struktur Algoritma Perulangan.
Kondisi pengulangan, yaitu syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan. Syarat ini biasanya dinyatakan dalam ekspresi Boolean yang harus diuji apakah bernilai benar (true) atau salah (false)
Badan pengulangan (loop body), yaitu satu atau lebih instruksi yang akan diulang.
a. Sruktur perulangan dengan FOR
Merupakan teknik perulangan yang paling tua dalam bahasa pemrograman. Pada struktur for kita harus tahu lebih dahulu beberapa banyak badan loop yang akan diulang.
Struktur ini menggunakan sebuah variabel yang biasa disebut loop”s counter, yang nilainnya akan naik turun selama proses perulangan.
b. Struktur perulangan dengan WHILE
Struktur While akan mengulang pernyataan pada badan loop sepanjang kodisi pada While bernilai benar. Dalam artian kita tidak perlu tahu pasti berapa kali diulang.
Yang penting sepanjang kondisi pada While dipenuhi maka pernyataan pada badan loop akan diulang.
CONTOH :
1 1. Struktur percabangan untuk masalah fotokopi
Sebuah usaha fotokopi mempunyai aturan sebagai berikut :
jika yang fotokopi statusnya adalah langganan, maka berapa lembar pun dia fotokopi, harga perlembarnya Rp. 75,-
jika yang fotokopi bukan langganan, maka jika dia fotokopi kurang dari 100 lembar harga perlembarnya Rp. 100,-. Sedangkan jika lebih atau sama dengan 100 lembar maka harga perlembarnya Rp. 85,-.
Jawaban :
2. Aturan kelulusan siswa pada mata pelajaran Pemrograman Web diterapkan sebagai berikut :
- Jika nilai ujian tengah semester (UTS) lebih besar dari 70 maka siswa dinyatakan lulus dan Nilai Akhir sama dengan nilai UTS.
- Jika nilai UTS kurang atau sama dengan 70 maka siswa dinyatakan lulus jika Nilai Akhir lebih besar atau sama dengan 60 dimana Nilai Akhir = (nilai UTS x 40%) + (nilai UAS x 60%).
Jawab:
Referensi :
Kadir, Abdul. 2012. Algoritma & Pemrograman menggunakan C&C++. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sismoro,Heri. 2005. Pengantar Logika Informatika,Algoritma,dan Pemrograman Komputer.Yogyakarta: Penerbit Andi.
No comments:
Post a Comment